Tepung Lokal Gluten FreeTepung lokal

Tepung Terigu Gandum Impor (100%)

Tahukah anda bahwa gorengan, roti, kue-kue dan banyak lagi jajanan pasar terbuat dari tepung terigu? Tahukah anda tepung terigu terbuat dari biji gandum yg saat ini kita impor 100% dari berbagai negara - Australia, Amerika, Argentina, Kanada, Brasil, Rusia. Gandum adalah tanaman subtropis, pengembangan tanaman gandum di Indonesia baru sebatas percontohan. Ketergantungan impor gandum dipicu dengan gaya hidup masyarakat atas mi instan dan roti.

Laporan dari Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menunjukkan bahwa impor gandum dari Juli 2015 sampai Mei 2016 telah mencapai total 8,2 juta ton. Sedangkan sepanjang 2016 mencapai 8,71 juta ton.

Impor gandum dari tahun ke tahun terus bertambah, termasuk untuk pembuatan mi instan
Peneliti mencoba mencari alternatif pengganti bahan baku mi selain gandum
Saat bulan Ramadan, permintaan terhadap tepung terigu lebih tinggi 10%
Mencari jalan keluar dari jebakan impor gandum

Bantuan dan pinjaman lunak untuk impor tepung terigu dari Amerika pada awalnya dilakukan tahun 1968. Mencari substitusi beras, ditawarkanlah tepung terigu. Impor gandum dilakukan tahun 1970 seiring dibangunnya tiga buah pabrik pengolahan biji gandum di Indonesia.

“Dalam waktu yang sama, AS mengirim beberapa pakar pangan ke Indonesia untuk memengaruhi pengambil keputusan dan mampu meyakinkan para teknokrat dengan argumentasi ilmiah,” kata peneliti pangan, M Husein Sawit.
.
.
bisa dibaca di link artikel terkait (lihat di bawah).

Des 2017. Pameran Temu Dagang MCAI di Balai Kartini Jakarta

Tawaran Tepung Lokal Martani Glutenfree

GF biasanya begitu orang menyingkat istilah glutenfree. Sudah saatnya masyarakat mengenal istilah gluten dan alternatif tepung lokal sebagai penggantinya. Selain alasan kesehatan, mengkonsumsi tepung lokal adalah bentuk apresiasi nyata atas produksi petani lokal. 

Gluten adalah protein yg terkandung di dalam gandum, membuat mi kenyal dan roti mengembang. Beberapa orang tidak mampu mencerna gluten di saluran pencernaannya. 

Singkong adalah tanaman yg berlimpah yg bisa diolah menjadi tepung mokaf dan tapioka. Mokaf singkatan dari Modified Cassava Flour, tepung yg terbuat dari singkong yg dimodifikasi agar bauk singkongnya tidak terlalu menyengat. Proses pembuatan tapioka sudah lebih dahulu dikenal masyarakat luas. 

Mensiasati ketiadaan gluten, kami meracik aneka tepung lokal yg memiliki karakteristik unik. Memadu-padankan dengan komposisi yg pas sehingga didapat aneka tepung premix untuk tujuan khusus, gorengan, cake dan cookies. Tepung GF untuk mi segera akan kami luncurkan.

Tepung premix gorengan adalah campuran antara tepung mokaf, beras, tapioka dan ganyong. Tepung premix cake adalah campuran antara tepung mokaf, ketan, tapioka dan garut. Tepung cookies adalah campuran antara tepung mokaf, pisang, ganyong.


Tepung lokal gluten free.

Tepung lokal gluten free.
Tepung lokal yg tersedia adalah tepung mokaf, tapioka, beras (putih, merah, coklat, hitam), ketan, pisang, jagung, kacang hijau, kacang merah, kacang kedelai, ganyong, garut. Tepung tempe kedelai lokal akan kami luncurkan segera.

Jan 2018. Tepung Mokaf terbuat dari singkong.

Mie Less (NO) Gluten

Mengerikan angka konsumsi kita atas mi instan. Dan terus naik trendnya. Mi lethek dari Bantul bisa jadi alternatif. 

Berdasarkan data yang dihimpun World Instant Noodles Association (WINA), total konsumsi mie instan di Indonesia diperkirakan mencapai 14,8 miliar bungkus pada 2016. Angka ini meningkat dari konsumsi tahun sebelumnya, yakni 13,2 miliar bungkus. Selain itu, pada 2017 diproyeksikan akan kembali mengalami peningkatan hingga 16 miliar bungkus. 

Mi Sayur Organik komposisi 60-40, masih ada campuran terigu 40%. 

Segera akan kami luncurkan mi no gluten. Mi yg sepenuhnya berbahan dasar tepung lokal.

Kontak Najib 0811.2640.242 untuk detil info dan pemesanan produk Martani Pangan Sehat dan Tanindi.id. Aneka produk tepung lokal bebas gluten dan olahannya.

Referensi



Comments

Popular Posts